Minggu, 04 Desember 2016

Prasasti Prasasti Peninggalan Kerajaan Kediri Yang Bisa Ditemukan

Prasasti Prasasti Peninggalan Kerajaan Kediri Yang Bisa Ditemukan - Kerajaan Kediri adalah sebuah Kerajaan dengan sejarah panjang yang sangat menarik untuk dipelajari. Sejarah kerajaan Kediri dalam perjalanannya memang pernah menjadi Kerajaan yang sangat disegani dan berjaya pada masanya. Tak bisa dipungkiri, jika dilihat dari beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Kediri, memang menunjukkan bahwa Kerajaan Kediri pernah menjadi Kerajaan Besar di nusantara.

Prasasti Peninggalan Kerajaan Kediri
Prasasti Peninggalan Kerajaan Kediri
Dari beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Kediri menunjukkan bahwa Kerajaan Kediri memiliki peradaban yang sangat tinggi. Mulai dari ekonomi, sosial dan budaya pada masa itu menunjukkan bahwa Kerajaan Kediri memiliki peradaban yang sudah maju. Beberapa prasasti bahkan juga sudah menyebutkan bagaimana cara berpakaian masyarakat pada zaman Kerajaan Kediri yang sudah sangat maju. Selain itu, rumah-rumah masyarakat pada masa sejarah Kerajaan Kediri juga menunjukkan bahwa masyarakat sudah maju dan mencintai kebersihan.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan kami sampaikan beberapa peninggalan dan prasasti pada masa Kerajaan Kediri yang bisa ditemukan dan yang bisa dipelajari. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ringkasan di bawah ini.

Prasasti Peninggalan Kediri


Prasasti Sirah Keting

Prasasti ini berisikan tentang pemberian penghargaan yang berupa tanah dari Jayawarsa kepada rakyat desa sebab rakyat desa ini telah dianggap memiliki jasa.

Prasasti di Tulungagung dan Kertosono

Kedua prasasti ini berisi tentang masalah keagamaan. Kedua prasasti ini berasal dari Raja Kameshwara.

Prasasti Ngantang

Prasasti ini berisi tentang pemberian hadiah berupa tanah nan dibebaskan dari pajak oleh Jayabaya. Prasasti ini ditujukan buat rakyat Desa Ngantang sebab telah mengabdi buat Kemajuan Kediri.

Prasasti Jaring

Prasasti ini dibuat oleh Raja Gandra. Isinya ialah nama-nama nan berasal dari nama hewan, seperti Tikus Jinada, Kebo Waruga, dan sebagainya. Hal ini memunculkan adanya birokrasi kerajaan.

Prasasti Kamulan

Prasasti ini berisi tentang peristiwa dikalahkannya musuh oleh Kediri di istana Katang-Katang.

Prasasti Padelegan

Prasasti ini dibuat oleh Raja Kameshwara guna mengenang rasa bakti penduduk Padelegan pada raja.

Prasasti Panumbangan

Prasasti ini berisi tentang pemberian anugerah raja buat penduduk Panumbangan sebab telah mengabdi kepada rakyat.

Baca juga : 
Prasasti Talan

Prasasti ini berisi tentang diberikannya hak istimewa oleh raja kepada penduduk Desa Talan dengan cara membebaskan rakyat dari pajak.

Prasasti Ceker

Prasasti ini berisi tentang anugerah raja nan diberikan kepada penduduk Desa Ceker sebab telah mengabdi buat kemajuan Kediri.

Nah teman-teman semua, itulah beberapa prasasti Kerajaan Kediri yang bisa ditemukan sehingga bisa kita jadikan pelajaran untuk kita semua. Tidak menutuo kemungkinan di masa yang akan datang bisa ditemukan lagi prasasti lain dari peninggalan Kerajaan Kediri.

Sekian dulu dari kami, semoga sedikit informasi terkait peninggalan prasasti Kerajaan Kediri di atas bisa menambah wawasan kita mengenai sejarah Kerajaan Kediri. Terimakasih atas perhatiannya dan sampai bertemu dengan ulasan sejarah dari kami selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Prasasti Prasasti Peninggalan Kerajaan Kediri Yang Bisa Ditemukan

0 komentar:

Posting Komentar