Selasa, 21 Maret 2017

Sejarah Berdirinya Kerajaan Pajang, Masa Kejayaan Kerajaan Islam Pajang

Sejarah Berdirinya Kerajaan Pajang, Masa Kejayaan Kerajaan Islam Pajang  - Di Jawa, Islam mengalami perkembangan sangat pesat sepeninggal runtuhnya Kerajaan Majapahit. Setelah Kerajaan Majapahit runtuh (baca : Sejarah Kerajaan Majapahit) dan kemudian disusul dengan berdirinya Kerajaan Demak, maka Islam menjadi sebuah agama yang begitu cepat menjalar ke seluruh lapisan masyarakat. Kesultanan Demak yang dipelopori oleh Wali Songo, menjadi Kerajaan Islam pertama di tanah Jawa. Setelah Kerajaan Demak berakhir yang dimulai dengan pergeseran kekuasaan ke daerah pesisir utara Jawa, maka kerajaan Islam di tanah Jawa selanjutnya disusul oleh Kerajaan Pajang. Secara geografis, wilayah Kerajaan Pajang berada di daerah pedalaman yang kemudian justru bisa menjadi pionir dalam pengembangan Islam di pedalaman di wilayah Jawa.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Pajang
Sejarah Berdirinya Kerajaan Pajang
Nah, untuk kesempatan kali ini akan kami sampaikan sedikit ulasan mengenai sejarah Kerajaan Pajang untuk Anda. Langsung saja, untuk lebih jelanya mengenai sejarah kerajaan Pajang, simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Pajang

Sejarah berdirinya Kerajaan Pajang adalah sekitar pada akhir abad ke 16 M yang pada saat itu sekaligus berakhirnya Kerajaan Demak. Kerajaan Pajang ini muncul dikarenakan adanya konflik intern pada Kerajaan Demak sendiri. Keruntuhan Kerajaan Demak yang diawali dengan konflik keluarga, kemudian memicu pertumpahan darah yang membawa pada berdirinya Kerajaan Pajang. Konflik internal ini terjadi diantara Aryo Penangsang dan Joko Tingkir (menantu Sultan Trenggono). Kedua tokoh ini terlibat konflik dan perang yang sangat sengit yang kemudian membawa kematian dari Aryo Penangsang. Arya Penangsang yang saat itu merupakan Raja Demak, berhasil dibunuh oleh Jaka Tingkir dari Pajang.

Arya Penangsang sendiri dalam prosesnya menjadi Raja Demak tidak direstui oleh keluarga besar kerajaan Demak sendiri. Sehingga, Jaka Tingkir yang merupakan menantu Sultan Trenggono turun tangan untuk menghabisi kekuasaan Arya Penangsang. Joko Tingkir sendiri pada saat itu dibantu oleh Sutawijaya dari Mataram. Setelah Aryo Penangsang mati, maka pusat Kerajaan Demak digeser ke Pajang dan kemudian Joko Tingkir yang menjadi raja pertama di Pajang. Sebelum menjadi raja di Pajang, Joko Tingkir adalah seorang adipati Pajang pada masa Sultan Trenggono. Kerajaan Islam Pajang ini berlangsung tidak terlalu lama karena letaknya yang berdekatan dengan kerajaan Islam lainnya yaitu Kerajaan Islam Mataram Islam.

Masa Kejayaan Kerajaan Islam Pajang 

Kerajaan Pajang merupakan Kerajaan Islam pertama yang letaknya berada di daerah pedalaman Jawa. Pada saat Kerajaan Islam Pajang berdiri, kekuasaan hanya ada di sekitaran sekitar Jawa Tengah. Hal ini terjadi karena ketika kerajaan Islam Demak mengalami kemunduran, banyak wilayah di Jawa Timur yang mulai melepaskan diri. Namun kemudian pada tahun 1586 M, Sultan Hadiwijaya beserta beberapa adipati yang ada di Jawa Timur kemudian dipertemukan di Giri Kedaton oleh Sunan Prepen. Nah, pada pertemuan tersebut kemudian para adipati di Jawa Timur mengakui kedaulatan Kerajaan Pajang atas kadipaten yang ada di Jawa Timur.

Kerajaan Islam Pajang sendiri mengalami masa keemasan atau masa kejayaan kerajaan Pajang adalah pada masa Sultan Hadiwijaya. Ada banyak pencapaian yang berhasil diraih pada masa Sultan Hadiwijaya. Perpindahan kekuasaan Islam Demak ke Pajang sendiri seakan menjadi sebuah simbol dari kemenangan Islam kejawen atas Islam ortodok pada masa itu.


Nah teman-teman, itulah sedikit informasi mengenai sejarah Kerajaan Pajang yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga sedikit informasi mengenai sejarah Kerajaan Pajang dan berdirinya Kerajaan Pajang di atas bisa menambah pengetahuan kita semua mengenai sejarah Kerajaan Pajang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Berdirinya Kerajaan Pajang, Masa Kejayaan Kerajaan Islam Pajang

0 komentar:

Posting Komentar