Kamis, 09 Maret 2017

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia : Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Perdagangan

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia : Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Perdagangan - Saat ini negara Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Namun jika kita menengok kebelakang pada masa kerajaan, maka kita bisa jadi heran dengan keadaan saat ini, karena pada masa kerajaan, banyak kerajaan besar di Indonesia yang menganut agama Hindu dan Budha. Sebut saja satu kerajaan besar di tanah Jawa yang memiliki daerah kekuasaan setara Indonesia saat ini yaitu Majapahait (baca : Sejarah Kerajaan Majapahit). Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan besar di Indonesia yang tidak menganut ajaran agama Islam. Fakta bahwa saat ini Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tentu bukan kejadian yang begitu saja. Pasti ada sejarah masuknya Islam ke Indonesia dengan proses penyebaran Islam yang juga memerlukan waktu yang tidak pendek.

Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Perdagangan
Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Perdagangan

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia sendiri sampai saat ini masih menjadi diskusi hangat berasal dari mana. Ada beberapa teori masuknya Islam ke Indonesia yang disertai dengan bukti pendukung yang kuat. Nah, dari mana asal Islam datang ke Indonesia, pasti ada proses penyebaran Islam itu sendiri di Indonesia. Pada dasarnya, Islam masuk ke Indonesia dan menyebar dengan damai tanpa ada pertumpahan darah. Ada beberapa cara dan proses yang terjadi ketika Islam masuk ke Indonesia. Selain itu, ada beberapa alasan Islam diterima masyarakat Indonesia yang juga menjadi faktor pendukung begitu cepatnya Islam menyebar di Indonesia. Nah, sedangkan proses penyebaran Islam di Indoensia sendiri para ahli sejarah menyebutkan yaitu melalui beberapa kanal. Diantaranya adalah melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, politik, kesenian, tasawuf.

Nah, untuk kesempatan kali ini, akan kami sampaikan penjelasan mengenai masuknya Islam ke Indonesia yang ada beberapa poin tersebut. Penjelasan awal akan kami sampaikan mengenai proses penyebaran Islam di Indonesia melalui perdagangan. Simak penjelasan di bawah ini.

Proses Penyebaran Islam Melalui Perdagangan

Proses penyebaran Islam di Indonesia yang pertama adalah ditempuh dengan jalan perdagangan. Menurut beberapa teori masuknya Islam ke Indonesia yang meenyebutkan bahwa Islam masuk Indonesia pada abad ke-7 M, saat itu yang membawa Islam adalah bangsa Arab, Persia dan India. Bangsa-bangsa tersebut sudah memiliki peran penting terhadap aktifitas perdagangan di Indonesia. Dari aktivitas jual beli ini kemudian terjalin hubungan sosiologis antara warga lokal Indonesia dengan para pedagang dari bangsa Arab, Persia dan Indoia tersebut. Nah, kebanyakan pedagang dari luar Indonesia ini ternyata memiliki agama yang berbeda dengan agama warga lokal. Para pedagang ini adalah penganut ajaran Islam yang tentu saja sambil berdagang mereka juga menyebarkan agamanya kepada warga lokal.

Warga lokal pun ternyata sangat tertarik dengan ajaran baru yang dibawa oleh para pedagang tersebut. Ada banyak hal menarik yang dirasa sangat bagus dan itu bisa mereka temukan di dalam ajaran Islam. Dan dari sinilah kemudian ajaran Islam dan budaya Islam mulai masuk kepada masyarakat Islam Indonesia secara perlahan namun pasti. Proses penyebaran Islam melalui perdagangan ini dirasa sangat efektif dan efisien dan memiliki peran besar dalam percepatan penyebaran Islam di Indonesia.


Melalui proses perdagangan ini ternyata proses penyebaran Islam sangat cepat menyebar karena para pedagang di Indonesia juga sangat mobile. Sehingga mereka-mereka ini selalu mengabarkan bahwa ada agama baru yang sangat bagus dan dirasa begitu bermanfaat untuk masyarakat pada waktu itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia : Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Perdagangan

0 komentar:

Posting Komentar