Kamis, 02 Maret 2017

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari - Kerajaan Singasari sebagai salah satu kerajaan terbesar di tanah Jawa dan Nusantara, memiliki berbagai sumber sejarah yang bisa digali informasinya. Dengan kebesaran dan keluasan daerah kekuasaan Kerajaan Singasari, mak tentu saja kerajaan Singasari meninggalkan beberapa peninggalan yang bisa dijadikan sebagai referensi sumber sejarah. Ada berabagai macam peninggalan kerajaan Singasari, mulai dari Candi peninggalan Kerajaan Singasari dan juga ada prasasti-prasasti Kerajaan Singasari. Dari berbagai peninggalan itulah kita saat ini bisa belajar dan bisa mendapatkan beragam informasi terkait kebesaran Kerajaan Singasari yang mendunia.

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari
Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari
Nah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa sumber sejarah Kerajaan Singasari untuk Anda semua. Dengan mengetahui sumber sejarah Kerajaan Singasari, tentu akan mempermudah kita dalam mempelajari sejarah Kerajaan Singasari baik pada masa kejayaan Singasari maupun pada masa keruntuhan Singasari. Untuk lenih jelasnya, perhatikan beberapa informasi di bawah ini.

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari


1. Bangunan Candi

Candi masih menjadi sumber berita utama dari beberapa kerajaan besar di tanah Jawa termasuk Singasari. Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini ditemukan di beberapa daerah di Jawa Timur seperti di Singasari Malang, dan juga Surabaya. Dari beberapa candi yang ditemukan ini bisa membuktikan keberadaan Kerajaan Singasari yang besar. Candi peninggalan Kerajaan Singasari tersebut diantaranya adalah Candi Kidal, Candi Jago, Candi Singosari dan patung Joko Dolok.

2. Kitab Negarakartagama

Kitab Negarakartagama ini nampaknya masih menjadi referensi paling lengkap dari dua kerajaan besar di tanah Jawa, Singasari dan Majapahit. Kitab Negarakartagama ini dikarang oleh Mpu Prapanca yang berisikan penjelasan mengenai raja-raja yang pernah berkuasa di Singasari dan raja yang pernah berkuasa di Majapahit. Pembahasan raja- Majaphit bahkan sampai pada Raja Hayam Wuruk.

3. Kitab Pararaton

Sumber sejarah Kerajaan Singasari selanjutnya adalah Kitab Pararaton. Kitab Pararaton ini berisi tentang riwayat dari Ken Arok yang penuh dengan keajaiban. Kitab Pararaton ini isinya dipenuhi dengan cerita mitos dan cerita dongeng. Namun dari kitab Pararaton ini lah banyak informasi didapatkan tentang riwayat Ken Arok menjadi raja. Sebelum menjadi Raja, Ken Arok menduduki jabatan Akuwu atau sekelas Bupati di Tumapel menggantikan Tunggul Ametung yang dibunuhnya. Pembunuhan ini salah satunya karena di dasari oleh ketertarikan Ken Arok dengan Ken Dedes istri Tunggul Ametung yang cantik jelita. Dari sini kemudian Ken Arok menjadi Akuwu di Tumapel dan ingin lepas dari kekuasaan Kediri di bawah Kertajaya. Akhirnya Ken Arok menyerang Kediri dan brhasil membunuh Kertajaya, dan sejak saat itu kemudian Ken Arok mendirikan kerajaan Singasari.


Nah teman-teman, itulah sekilas tentang sumber berita sejarah Kerajaan Singasari yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi mengenai sumber berita sejarah Kerajaan Singasari di atas bisa menjadi tambahan pengetahuan kita tentang sejarah Kerajaan Singasari. Dan jika ada kesalahan informasi atau kekurangan informasi mengenai sumber berita sejarah Kerajaan Singasari, kami harapkan Anda bersedia memberikan koreksi melalui kotak komentar yang sudah kami sediakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari

0 komentar:

Posting Komentar