Jumat, 10 Februari 2017

Sejarah Kerajaan Majapahit, Berdiri dan Raja Yang Pernah Berkuasa

Sejarah Kerajaan Majapahit, Berdiri dan Raja Yang Pernah Berkuasa - Seperti kita ketahui bersama bahwa sejarah Indonesia ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah kerajaan-kerajaan di nusantara. Indonesia memiliki kekeyaan sejarah dengan beragam kerajaan-kerajaan besar yang tentunya sangat berpengaruh pada saat itu. Kebudayaan dan peradaban kerajaan besar ini sudah sangat maju dan lebih menonjol di banding dengan kerajaan lainnya. Nah, salah satu kerajaan besar yang ada di Indonesia adalah Kerajaan Majapahit. Tentu kita semua sudah mengetahui pernah mendengar nama Kerajaan ini.

Sejarah Kerajaan Majapahit
Sejarah Kerajaan Majapahit
Kejayaan kerajaan Majapahit ini bukan saja diakui di kawasan nusantara, namun juga bergaung sampai ke negeri manca. Bahkan, menurut sejarah Majapahit, Kerajaan Majapahit ini wilayah kekuasaannya mencapai seluruh Indonesia dan bahkan sampai Filipina dan sedikit negara di Asia Tenggara lainnya. Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan sejarah yang kita miliki. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan sedikit ulasan sederhana mengenai Sejarah Kerajaan Majapahit, Kejayaan dan Keruntuhannya.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Ketika kita membicarakan sejarah Majapahit, maka Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar di Indonesia. Kerjaan Majapahit merupakan adalah Kerajaan Hindu di Jawa Timur yang pendirinya adalah Raden Wijaya. Kerajaan Majapahit ini berdiri pada tahun 1293 M dan berakhir diperkirakan pada tahun 1500 M. Kerajaan Majapahit atau juga merupakan Kerajaan Hindu terakhir di Semenanjung Malaya ini dianggap juga sebagai negara terbesar di dalam sejarah Indonesia. Wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit mencapai Sumatera, Bali, Borneo dan sampai ke Filipina.
Adapun sejarah berdirinya Kerajaan Majapahit adalah bermula dari serangan yang dilakukan oleh Jayakatwang yang merupakan Adipati Kadiri. Serangan Jayakatwang ini berhasil membunuh Kertanegara yang merupakan penguasa dari Kerajaan Singasari terakhir. Serangan Jayakatwang ini didasari karena ketidakmauan Kertanegara membayar upeti kepada Kaadiri. Dalam serangan yang menewaskan Kertanegara tersebut, Raden Wijaya yang merupakan menantu Kertanegara berhasil meloloskan diri ke Madura. Di Madura, Raden Wijaya meminta pertolongan dan perlindungan kepada Aryawiraraja. Atas saran dari Aryawiraraja, Raden Wijaya menyerahkan diri pada Jayakatwang yang kemudian diampuni dan kemudian diberikan hutan Tarik sebagai daerah kekuasannya yang kemudian dijadikan sebagai desa baru yang diberi nama Majapahit.

Pemberian nama Majapahit ini adalah berasal dari kata buah maja dan rasa pahit, karena di daerah baru yang dikuasai Raden Wijaya tersebut banyak terdapat buah Maja yang rasanya Pahit. Tak lama setelah berhasil menghimpun kekuatan di Majapahit, Raden Wijaya pun terus mengupayakan untuk menyerang balik pada Jayakatwang. Dan, kesempatan pun datang ketika pasukan Mongolia dengan pimpinan Shih-Pi, Ike-Mise, dan Kau Hsing tiba di Jawa. Pasukan Mongolia tersebut pada mulanya berniat untuk menghukum Kertanegara karena tidak bersedia membayar upeti kepada Mongolia. Namun dengan kecerdikan Raden Wijaya, pasukan Mongolia diajak kerjasama untuk menyerang Jayakatwang.

Serangan mendadak dari Mongolia tersebut tentu mengejutkan Jayakatwang dan membuat pasukannya kocar-kacir. Jayakatwang pun berhasil dibunuh dan pasukan Mongolia pun bergembira dan berpesta. Di tengah pesta kegembiraan pasukan Mongolia tersebut, Raden Wijaya mulai melancarkan siasatnya dengan menyerang secara masif dan cepat sehingga pasukan Mongolia berhasil dikalahkan dan diusir dari Jawa. Dari situ kemudian Raden Wijaya berhasil mengambil alih kekuasaan dan pada akhirnya Raden Rama Wijaya naik tahta dengan gelar Sri Kertajasa Jayawardhana pada tahun 1293. Dan sejak saat itulah Kerajaan Majapahit yang sangat masyhur itu mulai menjalankan kekuasaannya dan mencatat sejarahnya.

Raja Yang Pernah Berkuasa Atas Majapahit

Dalam perjalanannya, Majapahit memiliki sejarah raja yang bisa dikatakan sangat berhasil mensejahterakan rakyatnya. Ada beberapa raja yang tercatat dalam sejarah Kerajaan Majaphit. Diantara raja-raja yang pernah berkuasa atas Majapahit adalah seperti di bawah ini :
  • Kertajasa Jawardhana atau Raden Wijaya (1293 – 1309)
  • Raja Jayanegara (1309-1328)
  • Tribuwana Tunggadewi (1328 – 1350)
  • Hayam Wuruk (1350-1389)
  • Wikramawardhana (1389-1429)
  • Suhita
  • Kertawijaya
  • Rajasa Wardhana
  • Purwawisesa
  • Brawijaya V
Nah teman-teman, itulah sedikit ulasan mengenai sejarah Kerajaan Majapahit serta masa berdirinya yang bisa kami sampaikan kepada teman-teman semua. Semoga ulasan singkat mengenai sejarah Kerajaan Majapahit di atas bisa menambah pengetahuan teman-teman mengenai sejarah Kerajaan Majapahit. Insyaalloh pada kesempatan selanjutnya akan kami sampaikan beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Kerajaan Majapahit, Berdiri dan Raja Yang Pernah Berkuasa

1 komentar:

  1. KUMPULAN VIDEO LUCU SILAHKAN TEKAN LINK INI YA :

    www.sukamodel.com

    dapatkan bonus Rp.10.000 tanpa syarat !!!

    BalasHapus