Selasa, 07 Maret 2017

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Periodisasi dan Perkembangannya

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Periodisasi dan Perkembangannya - Seperti kita ketahui bersama bahwasannya Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia ini tidak datang begitu saja, ada proses yang bisa kita pelajari. Karena, pada awalnya Indonesia bukanlah negara muslim. Dengan keberadaan beberapa kerajaan yang besar seperti Majaphit (baca : Sejarah Kerajaan Majapahit), dan Singasari (baca : Sejarah Kerajaan Singasari) yang bukan kerajaan Islam, maka pada jaman dahulu penduduk di Indonesia mayoritas beragam Hindu dan Budha. Proses masuknya Islam di Indonesia ini ternyata telah melalui proses yang sangat panjang dan berliku. Sejarah masuknya Islam di Indonesia ini melalui periodisasi dan atau pembabakan yang cukup panjang.

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia ini termasuk masih menjadi diskusi yang sangat panjang sampai saat ini. Ada beberapa teori terkait dengan sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Teori dan pendapat tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia ini bukan saja didasarkan kepada beberapa bukti yang bisa ditemukan, namun juga didasarkan dengan beberapa catatan-catatan sejarah yang dibuat oleh bangsa lain pada masa lampau. Lalu bagaimana sebenarnya pembabakan dan perkembangan sejarah masuknya Islam ke Indonesia, simak penjelasan tentang beberapa pendapat tentang sejarah masuknya Islam di bawah ini.

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia


1. Pendapat Tentang Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Pada Abad ke-7

Beberapa ahli sejarah menyebutkan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia mulai pada abad ke-7 Masehi. Pendapat dari para ahli sejarah ini didasari dengan berita yang didapat dari para pedagang dari Arab. Berita tersebut menyatakan bahwa para pedagang Arab sudah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia. Pada saat itu, para pedagang Arab menjalin hubungan dagang dengan Indonesia ketika di nusantara pada masa perkembangan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7. Menurut teori masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7 tersebut, daerah Indonesia yang menerima pengaruh Islam adalah daerah pantai Sumatera Utara atau wilayah Samudra Pasai.

Samudera Pasai bisa dikatakan sebagai salah satu pintu gerbang ke wilayah Indonesia yang lain. Dari wilayah Samudera Pasai inilah kemudian melalui jalur perdagangan agama Islam semakin menyebar ke daerah Malaka dan diteruskan ke wilayah Pulau Jawa. Dan, menurut teori masuknya Islam ke Indonesia ini, diyakini Islam juga telah masuk ke daerah pesisir pulau Jawa. Masuknya Islam ke Pulau Jawa pada abad ke-7 Masehi ini didasarkan kepada berita dari China pada masa pemerintahan dinasti Tang. Berita tersebut menyatakan bahwa ada orang dari ta'sih (Arab dan Persia) yang mengurungkan niatnya untuk menyerang Kaling di bawah pemerintahan Ratu SIma pada tahun 674 Masehi.

2. Pendapat Tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Pada Abad ke-11

Selain ada pendapat yang menyebutkan bahwa sejarah masuknya Islam ke Indonesia adalah mulai pada abad ke-7, ternyata ada pendapat yang lain. Pendapat yang lain adalah menyatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia mulai pada abad ke-11. Pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7 ini didasarkan pada adanya bukti sebuah batu nisan yang bercirikan Islam. Batu nisan yang ditemukan ini bertuliskan atau diyakini sebagai nisan Fatimah binti Maimun yang berada di dekat Gresik Jawa Timur. Batu nisan ini sendiri bertuliskan angka tahun 1082 Masehi.

3. Pendapat Tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Pada Abad ke-13

Teori selanjutnya mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia adalah menyebutkan bahwa Islam mulai masuk Indonesia pada masa Abad ke-13. Pendapat ini didasarkan kepada beberapa bukti yang lebih kuat diantaranya adalah dikaitkan dengan runtuhnya Dinasti Abassiah di Baghdad sekitar tahun 1258. Selain itu, juga didasarkan pada berita dari Marcopolo tahun 1292 dan batu nisan Sultan Malik as Saleh di Samudra Pasai (1297), dan berita dari Ibnu Battuta (1345). Pendapat ini kemudian juga diperkuat lagi dengan masa penyebaran tasawuf di Indonesia.

Nah teman-teman, itulah sedikit informasi mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi di atas bisa membantu teman-teman memahami tentang masa perkembangan dan sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Ke depan, insyaalloh akan kami bahas mengenai proses dan perkembangan Islam di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Periodisasi dan Perkembangannya

1 komentar:

  1. Selamat malam; blog anda sangat informatif mengenai sejarah Indonesia dan sangat membantu untuk mengumpulkan informasi untuk blog saya sendiri.
    indonesien-inselwelt.blogspot.de/

    BalasHapus